Sinopsis dan Review Film Jazzy Misfits (2019)

Jika kamu ingin melihat sisi lain dari Korea Selatan, baik itu dari segi musik dan budayanya, film yang satu ini akan memberikan kesan yang segar dan berbeda bagi para penonton.
Image by: Indozone

Film yang berjudul Jazzy Misfits (2019) adalah sebuah film asal Korea Selatan yang bercerita tentang seorang Ibu (Jo Min Soo) yang sedang mencari anaknya, bernama Yoo Ri (Choi Ji Su). Suatu hari, Yoo Ri secara tiba-tiba pergi dari rumah dan membawa semua tabungan miliknya. Perjalanan mencari sang anak ini yang membuat dia harus menelusuri kembali masa lalunya. Mulai dari, bertemu kembali dengan putri sulungnya, bernama Blue (Cheetah), yaitu seorang penyanyi Jazz cafe yang sudah bertahun-tahun tidak pernah bertemu dan berbicara dengannya, lalu mengunjungi tempat masa lalunya, serta kejadian-kejadian menarik nan menggelitik selama masa pencarian anak bungsunya tersebut.

Film Jazzy Misfits diceritakan berlangsung selama satu hari penuh. Walau terfokus pada proses pencarian Yoo Ri, namun juga dibalut dengan kejadian demi kejadian yang malah membuat Ibu dan Blue masuk ke dalam cerita-cerita masa lalu mereka yang belum terselesaikan dan telah menimbulkan banyak kesalah pahaman. Daerah Itaewon pun menjadi saksi, bagaimana mereka akhirnya mencoba untuk mengenal satu sama lain dan bersatu dalam misi pencarian Yoo Ri.

Dari segi budaya, film ini dengan berani menampilkan sisi lain Itaewon yang glamor. Tergambarkan dengan jelas kalau daerah Itaewon juga memiliki tempat yang kumuh dan tak lepas dari aksi kriminalitas. Namun di sisi lain, film ini juga menampilkan bagaimana daerah Itaewon yang cukup ramah dan open minded terhadap homoseksualitas, perbedaan ras, hingga pekerja asing yang banyak mengadu nasib maupun tinggal di daerah tersebut. 
Selama diputarnya film, penonton akan disuguhkan latar musik yang sangat easy listening. Ditambah lagi dengan penampilan Blue di cafe dan membawakan lagu-lagu jazz yang classy nan sexy. Pada film ini juga diperlihatkan bagaimana proses sang Ibu dalam mengenal putri-putrinya. Seperti halnya, bagaimana kisah hidup dan impian Blue, serta bagaimana kehidupan Yoo Ri yang mengejutkan banyak pihak.

Film Jazzy Misfits masuk ke dalam jenis drama keluarga dan musik. Musik Jazz pun menjadi latar belakang dalam film ini. Seperti yang kita ketahui, Ella Fitzgerald adalah Ratu Jazz Dunia dan di dalam film pun dijelaskan bahwa beliau adalah inspirasi Blue dalam bermusik dan salah satu penyanyi favorite sang Ibu. Sedangkan kata Misfits di judul film menunjukkan bahwa, dari segala ketidakcocokan sikap maupun sifat antara Blue dan sang Ibu, justru membuat mereka saling melengkapi dan akhirnya dipersatukan dengan kesukaan yang sama, yaitu musik Jazz.

Oiya, ada sedikit informasi. Film ini menjadi debut Cheetah dalam proyek film layar lebar lhoo. Dengan background seorang Rapper, tentu jadi suatu hal yang menarik melihat Cheetah bernyanyi lagu Jazz. Dapat saya pastikan juga, film Jazzy Misfits memiliki OST yang bagus-bagus! :) Semua soundtrack dalam film ini menjadi favorit saya dan tentunya membuat kesan yang mendalam sehabis menonton film tersebut. FYI lagi, seluruh soundtrack dalam film Jazzy Misfits ini ditulis, disusun dan dinyanyikan oleh Cheetah sendiri. Daebakk~ Kalau kamu mau dengerin lagu-lagu dari filmnya, bisa cari di spotify atau Yotube dengan keyword Jazzy Misfits.. :) 


Singkatnya, film ini termasuk ringan, lucu, sedih dan banyak mengandung pesan-pesan kehidupan. Patut banget untuk masuk list tontonan kamu. Kalau di Korea sih, udah rilis sejak 4 Oktober 2019 lalu, tapi di mancanegara baru rilis pada 27 Mei 2020. Waktu itu saya nonton di TVN Movies channel hehe. Jika kamu mau nonton, mungkin bisa cek di platform lainnya (VIU, Netflix, dll).  Selamat menonton :) jangan lupa tinggalin jejak di bawah ya, hehe.

Rating ala Papau: 8.6-10


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan