Puisi Tipografi

Puisi tipografi? apaan sih ituu? sebelum tambah penasaran, Gue akan menjelaskan apa itu puisi Tipografi. Cekidot~

Tipografi disebut juga sebagai ukiran bentuk; ialah susunan baris-baris atau bait-bait suatu puisi. Termasuk ke dalam tipografi ialah penggunaan huruf-huruf untuk menuliskan kata-kata suatu puisi.

Seperti kita ketahui,dalam menuliskan kata-katanya, setiap penyair memiliki kegemaran sendiri-sendiri. Ada yang selalu menuliskan semua katanya dengan huruf kecil semua, ada pula yang selalu menggunakan huruf besar pada setiap permulaan kalimat atau baris baru puisinya. Juga dalam menggunakan tanda-tanda baca. Ada yang dalam seluruh puisinya tanpa menggunakan sebuah tanda bacapun. Tetapi ada pula yang dengan setia menggunakan tanda baca.By: Serampai Kata

Nah, sudah tau kan pengertian dari puisi tipografi? Jujur, gue juga baru tau puisi tipografi pas kelas 3 sekarang ini hahaa. Jadi, ceritanya guru bahasa Indonesia gue lagi ngebahas puisi dan jenis-jenisnya gitu. Dan sampailah pada pembahasan puisi tipografi. Seperti yang sudah di jelaskan di atas. 

Bentuk pusi tipografi itu sendiri terbagi 2.
-Dalam bentuk kata
-Dalam bentuk simbol.
Jadi, puisi itu membentuk sebuah simbol dalam tiap katanya. Nanti akan gue kasih contoh puisi berbentuk simbol yaa,Lanjut.. waktu sedang membahas puisi tipografi itu, gue beneran takjub. Keunikan, keindahan dan kreatif nya itu loohh.. jujur aja, gue ga mahir dalam merangkai kata, jadi yaaa hanya bisa jadi penikmat kata-kata indah saja hehe :D

Ini salah satu contoh dalam bentuk kata-kata
DOA PERAHU

tuhanku
        beritahu
                  kini

ke manakah
            harus
                 kupergi

ke muara
           menyongsong
                               laut
                                    biru

ataukah
         melawan
                    arus
                     menuju
                              hulu
(Ismed Natsir, Horison, Oktober, 1974)
TAPI
aku bawakan bunga padamu
tapi
Kau bilang masih aku bawakan resah padamu
tapi
kau bilang hanya aku bawakan darahku padamu
tapi
kau bilang cuma
aku bawakan mimpiku
padamu
tapi
kau bilang meski
aku bawakan dukaku
padamu
tapi
kau bilang tapi
aku bawakan mayatku
padamu
tapi
kau bilang hampir
aku bawakan arwahku
tapi
kau bilang kalau
tanpa apa aku datang
padamu.
(Sutardji Calzoum Bahri)
Dan ini adalah contoh puisi tipografi dalam bentuk simbol 


Dan gue lebih suka puisi yang model begini, unik dan keren banget, 


Okeee cukup sekian post gue kali ini.. 
Kalau kalian lebih suka model yang mana nihhh??
Tulis komentar dibawah ini yaaa :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan