Mengenal 3 Cara Pembukaan Catur dari Serial Netflix The Queen’s Gambit

Serial terbaru Netflix, The Queen's Gambit yang apik diperankan oleh Anya Taylor-Joy.

Beth melawan Benny - google.com

Serial terbaru Netflix yang bertajuk The Queen’s Gambit adalah salah satu film serial yang menarik untuk ditonton, sekalipun kamu tidak menyukai permainan catur. Walau sebagian besar berlatar cerita pada pertandingan-pertandingan catur, serial ini tetap mampu menghibur dan memberi kesan serius yang menyenangkan.

Bukan hanya serial hiburan semata, The Queen’s Gambit juga mengajak kamu untuk mengenal permainan catur dari kisah hidup seorang tokoh bernama Beth Harmon (Anya Taylor-Joy), yaitu perempuan muda jenius yang kecanduan obat penenang. Perjalanan Beth dalam mengenal catur, perjuangannya dalam menghadapi trauma di masa lalu dan beragam problematika kehidupannya, juga tak kalah menarik untuk diperhatikan. 

Beth mulai mengenal catur dari seorang janitor bernama Mr. Shaibel (Bill Camp), saat ia tinggal di panti asuhan. Berawal dari rasa penasaran, Beth mulai merekam permainan Mr. Shaibel dan mengulang permainannya di dalam pikirannya sendiri (di bawah pengaruh obat penenang, yang diberikan oleh panti asuhan) di setiap malam hari. Selain itu, Mr. Shaibel juga mengajarkan Beth berbagai teknik dan attitude dalam bermain catur.

Di dalam serial ini, kita (para awam) dapat belajar banyak hal baru dalam permainan catur. Sebut saja istilah: Sisilia Defense, Ruy Lopez Opening dan Queen’s Gambit.  Namun, apa sih maksud dari istilah-istilah tersebut? Setelah ditelusuri, saya menemukan jawaban bahwa istilah-istilah itu adalah nama-nama yang mengidentifikasi cara bermain dalam pembukaan catur.

Berikut ini adalah arti dari nama-nama pembukaan catur di atas:

1. Sicilian Defense

Sicilian defense - ciassa.com

Pertahanan Sisilia adalah pembukaan catur yang diawali dengan gerakan: 1. e4 c5. Pada abad ke-20 Pertahanan Sisilia paling banyak dimainkan dan dianalisa oleh para pecatur. Hampir seluruh juara dunia pada abad ke-20 pernah memainkannya. Pembukaan ini dikategorikan permainan setengah terbuka yang bersifat ‘adem’ di awal namun ‘panas’ di pertengahan hingga akhir permainan. Prinsip umum dari pertahanan ini adalah Putih menyerang di sayap raja Hitam (e-h.) Sedangkan Hitam akan membalas serangan di sayap menteri Putih (a-d.)   

2. Queen’s Gambit

Queens Gambit - thechesswebsite.com

Gambit Menteri (Queen’s Gambit) adalah pembukaan catur yang dimulai dengan langkah: 1. d4 d5 2. c4. Dalam pembukaan Gambit Menteri, pemain (paling sering Putih) mengorbankan materi (biasanya bidak) dengan harapan mencapai suatu posisi yang menguntungkan. Diketahui, Gambit Menteri adalah salah satu pembukaan catur tertua dan mencapai puncak populer pada 1920-1930-an. Pembukaan ini termasuk permainan aktif untuk kedua pihak.

3. Ruy Lopez Opening (Pembukaan Spanyol)

Ruy Lopez - thechesswebsite.com

Pembukaan Ruy Lopez dimulai dengan gerakan 1.e4 e5 2.Nf3 Nc6 3.Bb5. Dalam pembukaan Spanyol ini, Putih dapat membawakan permainan yang menekan, tanpa mudah dipecahkan. Karena Putih langsung menekan medan-tengah Hitam. Permainan juga bisa menjurus sangat tajam (bergaya posisionil.) Namun kekurangannya adalah, beberapa baris sangat teoritis dan Hitam memiliki banyak pilihan pertahanan.

Itu dia tiga nama dan cara pembukaan catur yang popular di dunia (Tentunya masih ada ribuan variasi pembukaan catur yang tidak bisa saya jabarkan semua di sini.) Dengan menonton Serial The Queen’s Gambit, saya yakin, serial ini akan mengubah cara pandangmu mengenai permainan catur. Stereotip tentang catur yang identik dengan laki-laki dan membosankan, akan terpatahkan di dalam serial pendek ini. Karena kamu akan diperlihatkan sisi lain permainan catur yang seru dan seksi. Oh iya, fashion stylenya Beth di film serial ini sangat keren dan memanjakan mata banget! 

Jadi gimana, sudah siap menonton serial The Queen’s Gambit? :) Btw, rating di IMDB sangat tinggi lho. Saya lihat, serial ini mendapat rating 8,9/10 it's worth watching. Kalau masih penasaran dan menimbang-nimbang "Nonton nggak yaa.." boleh ditonton dulu trailernya. Siapa tau jadi makin tertarik untuk menonton, hehe. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan