Review Drama Korea Extraordinary You

 SINOPSIS
Extraordinary You adalah sebuah drama korea yang tayang di MBC pada bulan September 2019 lalu. Drama ini bergenre romance dan comedy, dengan memiliki total 32 episode. Drama ini adalah hasil adaptasi dari komik Webtoon yang berjudul “Eojjeoda Balgyeonhan 7wol” yang ditulis oleh Moo Ryoo pada bulan Januari 2018. Bagi teman-teman yang ingin menonton drama ini, bisa di tonton melalui website/aplikasi streaming seperti VIU, dan  kshowid.com, 

Sinopsis singkatnya, drama ini menceritakan tentang seorang remaja perempuan, bernama Eun Dan Oh (Kim Hye-Yoon) yang menyadari bahwa diri nya adalah sebuah karakter dalam komik romansa yang berjudul "Secret" dan ia menyadari bahwa dirinya hanyalah seorang karakter pendukung yang ditakdirkan memiliki penyakit lemah jantung dan akan mati cepat. Mengetahui fakta tersebut, Dan Oh memutuskan untuk mengubah cerita yang telah dirancang oleh sang penulis, dengan menjadi seorang karakter yang bebas dan dapat mengubah takdir nya sendiri.
WARNING
Konten ini mengandung spoiler dan tentunya diharapkan, pembaca sudah selesai/sedang menonton drama tersebut. Penulis tidak bertanggung jawab jika memaksa untuk membaca tulisan ini hingga akhir. Semua hasil tulisan yang penulis tulis adalah hasil analisis kecil-kecilan dan bagian dari rasa penasaran saja. Semoga tulisan ini dapat menjadi tulisan yang menghibur dan menambah wawasan mengenai review drama korea dengan sudut pandang yang berbeda.  :)

ANALISIS
Pada episode-episode awal, penonton mungkin akan dibuat kebingungan mengenai perubahan adegan yang terkesan mengagetkan karena berubah secara mendadak. Lalu, ditambah pula suara kertas yang berbunyi khas ketika sedang membuka lembaran berikutnya, ditambah dengan warna (Color grading kalau dalam bahasa editan) yang berbeda ketika adegan sedang dimulai. Ya, kita sedang diperlihatkan bagaimana drama itu menujukkan kondisi dimana, seorang karakter ketika berada di atas panggung yang sedang melakukan aksi pada adegannya, dengan kondisi di luar panggung, setelah adegan berakhir.

Pertama, mari kita kenali bahwa di dalam drama tersebut ada beberapa hal penting yang menjadi
kunci akan makna keseluruhan drama. Saya melihat drama ini adalah bentuk dari representasi bagaimana seorang manusia yang tinggal di bumi, serta hidup dan matinya dikendalikan oleh Sang Pencipta, yang kita sebut sebagai Tuhan. Mari kita lihat bagaimana drama ini merepresentasikan kehidupan manusia seperti layaknya seorang karakter hidup didalam sebuah komik.

Istilah-istilah penting di dalam drama Extraordinary You:
1. Penulis
2. Karakter
3. Stage/Panggung
4. Shadow/Bayangan
5. Alur Komik

Mari kita kaitkan/hubungkan dengan kehidupan nyata:
1. Penulis:
Di dalam drama, kita akan mengetahui bahwa penulis adalah seorang yang telah membuat komik yang berjudul "Secret" dan "Bunga Terompet". Penulis membuat komik dengan karakter yang hampir sama, namun memiliki perbedaan alur, setting, dan penokohan yang berbeda pada tiap komiknya. Penulis lah yang mendesain, mengatur, dan memutuskan secara penuh bagaimana isi komik tersebut dan bagaimana komik itu akan berakhir. Seperti halnya di dunia ini. Apa yang telah terjadi dalam hidup kita, seperti sudah ada yang mengatur bagaimana jalannya kehidupan, apa-apa saja yang dapat berubah dan tidak dapat diubah. Kita menyebutnya, bahwa itu adalah garis dan ketentuan Tuhan. Iya, penulis di dalam drama ini diibaratkan sebagai Tuhan, di kehidupan nyata.

2. Karakter: Tentu kita tahu bahwa semua yang ada di dalam drama tersebut adalah karakter hidup dalam komik Secret. Mudahnya, karakter" tersebut telah merepresentasikan sosok manusia, yaitu kita sendiri. Bedanya adalah, mereka hidup di dunia komik sedangkan kita hidup di dunia yang bernama planet Bumi.
Image by: Google
3. Panggung: Di dalam drama tersebut, kita diberikan penjelasan bahwa panggung adalah tempat dimana para karakter akan melakukan aksi yang telah disetting oleh penulis. Semua karakter yang sedang berada di atas panggung, tidak dapat melakukan apapun, karena semua kendali ada di tangan penulis. KECUALI, ada seseorang yang di luar panggung, atau yg kita sebut seseorang yang ada di dalam bayangan, menerobos batas panggung, dan mengubah apa yang telah direncakan oleh penulis. Sehingga jika perubahan itu terjadi, maka adegan pun akan tetap sama, namun karakter yang seharusnya melakukan adegan tersebut lah, yang berubah. Tetapi, dialog yang seharusnya terjadi pada si karakter, akan tetap terulang dan terjadi di kemudian hari dengan setting yang berbeda.

Contohnya, ketika panggung Nam Ju akan mengumumkan dirinya berpacaran dengan Juu Da yang coba diubah oleh Do Hwa berhasil dilakukan, namun pada akhirnya tetap terjadi kembali. Nam Ju mengumumkannya melalui radio sekolah. Begitu pun dengan adegan Baek Hyun memberi cincin ke Dan Oh, dan adegan jadwal operasi Dan Oh, yang akan mati ketika operasinya sedang berlangsung.
Image By: Google
Kaitan: Mari kita ibaratkan bahwa, panggung tersebut adalah "kita" yang tanpa disadari, masuk ke dalam adegan satu ke adegan selanjutnya, melakukan dialog" yang mungkin telah ditentukan oleh Tuhan. Tanpa kita sadari, tanpa bisa kita hindari, apa yang nanti akan terjadi pada diri kita, takdir-takdir yang absolut (kelahiran,kematian,jodoh,kesehatan) tidak dapat kita hindari. Yap, panggung dapat diibaratkan layaknya sebuah setting mengenai takdir yang absolut. Lalu, bagaimana dengan takdir yang tidak pasti? tentu masih dapat diubah. Seperti misalnya, pendidikan, kekayaan, pekerjaan, dsb.

4. Bayangan: Yaitu kondisi dimana karakter berada di luar panggung. Maksudnya adalah, para karakter yg sedang tidak melakukan adegan apapun dan mereka bebas melakukan segala hal sesuai kehendak mereka, secara sadar sesuai hati dan pikiran mereka. Namun, hal tersebut dapat dilakukan bagi mereka yang menyadari "Siapa Dirinya" yaitu para karakter yang telah mengetahui bahwa mereka adalah seorang karakter hidup. Bagi yang tidak menyadarinya? tentu mereka tidak akan mengingat apa pun, dan seolah-olah hidup itu terjadi begitu adanya. Menarik ya? Coba deh kita kaitkan bagaimana ketika seorang manusia di dunia nyata, sedang menanyakan pada dirinya sendiri "Gue ini siapa sih?" "Apa guna nya gue di dunia ini?". Kalian pernah bertanya seperti itu ngga, pada diri kalian sendiri? Kalau iya, selamat! kalian telah melalui tahap kesadaran, bahwa keberadaan kalian di dunia ini tentu tidak serta merta datang begitu saja. Pasti ada maknanya, ada maksud, ada tujuannya. Layaknya seorang filsuf yang kerap berpikir kritis dan mempertanyakan berbagai hal di dunia ini. Ketika kalian sadar bahwa hidup kalian tidak datang begitu saja, kalian mulai mencari tahu segala hal, melakukan semua yang kalian sukai, mewujudkan impian yang kalian idamkan, menjalani hidup secara sadar dan penuh tujuan, dsb.

5. Alur Komik: Tentu kalian tahu bahwa setiap komik memiliki alur nya masing-masing. Namun, ketika terjadi perubahan-perubahan yang dilakukan oleh karakter, alur menjadi rusak dan berjalan tidak semestinya. Contoh yg dapat kita lihat, ketika di awal cerita Dan Oh tidak dapat mengetahui murid no.13, hingga akhirnya Dan Oh memberinya nama, memberi panggung untuk si no.13, sampai no.13 mati dan hidup kembali dengan mendapatkan karakter pendukung yang memiliki nama. Sejak itu lah, cerita tentang Dan Oh dan Baek Hyun berubah total, menjadi sama dengan komik yang sebelumnya. Beda dengan cerita antara Nam Ju, Joo Da dan Do Hwa. Awalnya Do Hwa ingin mengubah cerita, namun pada akhirnya Joo Da yang memutuskan untuk tetap mengikuti cerita sang penulis.
Image By: Google
Terakhir, teman-teman pasti sadar bahwa di beberapa episode, ada lubang hitam yang menampilkan masa lalu beberapa karakter di komik sebelumnya. Oke, untuk hal yang satu ini cukup menarik. Bahwa ternyata, apa yang terjadi saat ini, persis sama dengan kejadian di masa lalu. Diibaratkan, kita adalah hasil dari apa yang terjadi pada diri kita di masa lalu.

Akhirnya sampai pada kesimpulan menarik dari drama Extraordinary You. Secara kesluruhan, saya melihat bahwa drama ini dilatar belakangi oleh pemahaman tentang reinkarnasi, ilmu filsafat, dan ilmu Chirologi (mungkin ada lebih banyak ilmu lainnya yg diterapkan kedalam drama ini). Berbicara reinkarnasi, hal ini dperlihatkan bagaimana si karakter hidup kembali dari zaman satu ke zaman berikutnya. Entah dengan latar belakang yang sama, atau dengan latar belakang yang jauh berbeda. Semua itu dapat kita lihat di drama ini. Contohnya yaitu, kehidupan Dan Oh di masa kerajaan, di masa remaja sekolah, hingga di masa kuliah, ada beberapa hal yang sama, ada pula yang berubah. Lalu kehidupan Nam Ju, di masa sekolah, ia hidup menjadi anak konglomerat. Tapi ketika hidup di masa kuliah, ia menjadi orang biasa saja.
Image by: Google
Bagaimana dengan chirologi yang saya sebutkan di atas tadi? teman-teman tahu bukan, kalau haru memiliki bekas luka di telapak tangannya? Garis tangan yang terluka itu ternyata ada di bagian garis hati. Nah chirologi adalah budaya membaca arti garis tangan. Garis hati itu memiliki arti mewakili cinta dan kesetiaan. Lengkapnya bisa dibaca disini: Arti Garis Tangan
Hal ini menunjukkan bahwa bagaimana kisah percintaan antara Dan Oh dan Haroo yang begitu kuatnya, bahkan hingga mereka bertemu kembali di masa" selanjutny dan tetap saling jatuh cinta kembali.
Sebenarnya ada banyak sekali tanda-tanda yang digunakan oleh drama ini, tapi untuk yang paling menonjol dan menarik bagi saya adalah yang sudah dijelaskan di atas. Kalau tentang bunga terompet, pasti teman-teman sudah tau ya, karena di drama nya pun sudah dijelaskan secara eksplisit. Okee mungkin cukup sekian tulisan kali ini. Panjang banget ya? hehe maaf kalau kepanjangan, semoga tetap dapat dinikmati dan jika ada analisis lainnya dari teman-teman, mungkin bisa kita diskusikan bersama di kolom komentar.

Bagaimana rating untuk drama ini? Ini dia rating drama ala papau:
★☆ 8.3/10
Selamat menonton bagi yang belum nonton, selamat melanjutkan tontonannya bagi yang belum selesai menonton. Secara kesuluruhan saya menikmati drama ini sekali. Baik itu penokohannya, alurnya, settingnya, color grading nya, property nya, semua nya menarik dan persis seperti judul drama  ini, Extraordinary You. 😊 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan