Suka Duka Sidang Skripsi

Image by: google.
Re: Jika ingin langsung membaca alur sidang, bisa langsung scroll ke bawah, pada tulisan merah. 
===============================
Di kampus gue, setiap periode sidang skripsi dalam sehari, biasanya ada 3 sesi. Sesi pagi (10.00-12.00) sesi siang (13.00-15.00) dan sesi sore (15.00-17.00). Kebetulan, gue kedapatan waktu sidangnya pada sesi pagi pukul 10.00 -12.00 siang di ruang AR711. Bayangin deh tuh pagi banget kan, gue berangkat dari rumah pukul 7.30 -/+ dan sampai kampus pukul 8.30 -/+. Kesan pertama sampe kampus tuh langsung inget jaman"nya masuk kelas pukul 8 pagi. Masih sepi, seger, rada ngantuk kerenyep" gitu. Wkwk 

Setelah gue sampe kampus, langsung menuju lantai 2 buat ambil ATK di layanan Dosen. Ngga disangka", waktu gue mau naik lift, dan pintu lift terbuka, gue ketemu Ghea sama Dita sahabat BC Girls guee wkwkwk. Yaampun shock, mereka dateng di waktu yang sepagi itu. Katanya mau nyemangatin gue dan membantu mempersiapkan sidang. Uuuuwwhhh jadi sheyeeuungg 🤗 dan kebetulan juga, katanya Dita ada kelas jam 9, jadi Ghea berangkat bareng deh. Huhuu masiih terhura. Singkat cerita, gue pun dibantuin mereka, tas laptop gue dibawain sama Dita, tentengan gue dibawain sama Ghea, terus gue megang tas pundak sama ATK doang. Katanya gue kaga boleh capee, uuuwwhh gemeshh kaannn. Wkwkkw 

Lalu setelah dari lantai 2, kita pun naik ke lantai 7 tempat di mana gue akan sidang. Pas sudah di depan kelas 711, eh ternyata masih dikunci. Akhirnya gue coba turun ke lantai bawah buat mencari cleaning buat dibukain kelasnya. Naahh, ada kejadian lucu niih waktu gue mau turun pake lift. Jadi... Sebelumnya, waktu gue dkk lagi keluar lift di lantai 2, si Ghea cerita kalo lift sebelah kanan lagi error gitu, jadi gabisa dipake. Eh salahnya gue, waktu mau turun kelantai bawah, gue memilih lift sebelah kanan. Karena alasannya, gue ngeliat itu lift posisinya udah bener karena ada segitiga sama angka warna merah yg muncul. Yaudahlah dengan rasa pede tingkat dewa, gue masuk ke lift sebelah kanan dan mencet lantai 4. Pintu lift pun tertutup, lalu turun ke lantai 6, daaann stuck. Gue diem, gue liatin angkanya, kok yaa ga turun", akhirnya gue panik dong wkwkk. Gue langsung nyalain alarm nya dan minta bantuan "Haloo, pakkk, haloooo" lalu dijawab "iya mba kenapa mba, halo, mba halo" "halo, pakk saya kejebak, saya mau sidang enihh" kita jadi maen halo-halo an gara-gara doi kurang jelas ngedenger gue. Tapi akhirnya dia tau kalo gue kejebak di lift lantai 6. Pas disuruh tunggu sampe dibukain pintunya, eehhh pintu liftnya tiba-tiba terbuka sendiri. Alhamdulillah wkwkkwk dan syukurnya lagi, tepat di depan lift itu pas banget ada cleaning, jadi gue bisa langsung minta tolong bukain pintu sama mereka, dan kita naik lagi dengan menggunakan eskalator yang masih mati. 

Pintu ruangan sudah terbuka, akhirnya gue mempersiapkan segalanya. Nyalain laptop, buka PPT, cek pointer, mic, projector, dan latihan presentasi. Saat itu pukul 8.45 -/+ dan gue memutuskan buat satu kali latihan dulu karena tiba-tiba perut gue kok lapeerr lagii, padahal sebelum berangkat udah makan. Setelah usai presentasi, -/+ pukul 9.10 Dita ijin masuk kelas, gue dan Ghea pun turun buat nyari makan di kantin depan. Di kandep, gue gasengaja ketemu dengan bang Redy, Ilona, Nisa, juga Apri. Karena gue udah makan berat di rumah, akhirnya gue memutuskan buat ganjel perut dengan makan roti sambil pesan minum beng-beng panas. Kita pun ngobrol" singkat dan bergegas naik lagi kelantai 7 -/+ pukul 9.35 buat latihan presentasi dan mempersiapkan diri.

Pada latihan presentasi yg pertama, Ghea ngasih pendapat dan saran ke gue. Katanya, gue terlalu terburu-buru, dan ngomongnya masih belibet. Akhirnya, pada latihan yang kedua ini, gue pun mencoba untuk lebih rileks dan santai dalam presentasi. Alhamdulillah bisa lebih enak dan ngga terburu-buru. Setelah dikira cukup, gue pun siapin pakaian, beresin barang", dan berdoa. Ghea emang udah nge-reminding gue, katanya jam 9.50 doa dulu. Kita pun berdoa, agar diberikan kelancaran dan gue bisa melakukan presentasi yg maksimal. Ngga lama dari situ, dosen penguji pun masuk ruangan, dan Ghea keluar kelas. Gue salim pada kedua dosen penguji yaitu Pak Salman sebagai ketua penguji, dan bu Woro sebagai dosen ahli. Sesi sidang sesungguhnya pun, dimulai.

Kalau gue ceritain apa yang terjadi selama sidang, kayaknya bakal drama dan panjang banget ceritanya wkwk. Jadi, gue putuskan buat membuat alurnya saja yaa sobat, alur selama sesi sidang itu, seperti di bawah ini:

1. Dosen penguji terdiri dari 2 orang, mereka akan duduk tepat di tengah-tengah ruang kelas dan menyiapkan berkas", lalu setelah itu mereka mulai memperkenalkan diri, membacakan judul skripsi kita, nama lengkap, NIM, jurusan dan menanyakan apakah kita sudah siap apa belum. Kalau udah, mereka akan mempersilahkan kita untuk presentasi.

2. Sesi presentasi: Presentasi menggunakan power point dan saat itu gue buat ppt dengan total 13 slide. Singkat, jelas dan padat deh isi nya. Kita dikasih waktu buat presentasi maksimal 15 menit. Kayaknya sih gue kecepatan waktu sesi presentasi ini, tapi alhamdulillah lancar, dan bisa rileks waktu jelasin ke dosen" penguji. Re: Saat sesi presentasi, jangan harap kamu diperhatikan sama dosen penguji ya, mereka gaakan terlalu fokus memperhatikan cara presentasi kamu dari awal sampai akhir. Kadang ada yg sibuk liat soft cover skripsi kita, kadang juga sesekali ngeliat kita lalu sibuk corat-coret kertas skripsian kita. TAPI INGAT, walaupun begitu, mereka sangat serius mendengarkan kita berpresentasi dan melihat sikap kita saat presentasi. FYI, nilai untuk presentasi ini lumayan lohh poinnyaa hehee. Oiya satu lagi, saran dari gue. Jangan keseringan condongin badan ke samping dan fokus ngebaca ppt mulu. Usahakan, kamu membuat teks presentasi dan mengingat itu supaya tatapan ga kearah papan tulis terus, dan kita bisa fokus menunjukkan performa terbaik untuk presentasi kita. Untuk hal ini, udah paham lah yaa, kan sering dilatih selama masa perkuliahan. Hehe 

3. Sesi tanya jawab: Pada sesi ini, setelah kalian selesai presentasi, kalian biasanya dipersilahkan untuk duduk kembali. Lalu disuruh buka soft cover skripsi kalian. Re: PERLU DIINGAT. Kalian harus print lagi soft cover skripsi kalian, buat jadi pegangan selama didalem kelas, lalu kalau mau bawa buku" yg kalian pake buat jadi referensi juga boleh. Tapi sejauh ini, dosen penguji bakal fokus ke skripsi kamu. Makanya, saat kamu disuruh buka skripsi, itu saatnya kamu mendengar apa yg dilontarkan oleh dosen penguji, kalau mereka tanya ya langsung jawab, kalo lupa bisa kalian cek isinya didalem skripsi kalian, misalnya lupa ttg hal apa gitu. Lalu kalau ada masukan, langsung coret" aja bagian yg dikasih tau sama mereka, tulis saran nya apa aja, dll. Terakhir, pada sesi tanya jawab ini, karena gue adalah mahasiswi dari Fakultas Ilmu Komunikasi, biasanya tuh ditanyain mengenai ilmu komunikasi dasar, misalnya, apa itu Ilmu Komunikasi? Apa saja elemen komunikasi? Dll. Biasanya bakal di tanya disaat yang tidak diduga deh, gue juga sempet nge-blank kook waktu di tanya soal gituan hahaha.

Saran aja, yg terpenting fokus pahami kembali skripsian kamu, kalo ilmu" dasar ttg ilmu komunikasi dibaca aja gausah dihapalin bgt, yg penting tuh kalian bisa jawab kalo ditanya seputar hasil skripsi kalian. Kalo dapet pertanyaan yg buat kalian bingung atau gabisa jawab, yaudah gapapa jujur aja, "Maaf pak/bu atas kesalahan saya, saya keliru, saya kurang tepat, saya lupa" atau apalah itu wkwkwk. Jangan lupa kalau dikasih saran atau masukan, ucapkan "Terima kasih atas masukannya pak/bu, setelah ini akan saya perbaiki." Terakhir, buat tulisan prediksi pertanyaan yg bakal dilontarin sama dosen penguji. Dengan membuat prediksi pertanyaan ini, kalian jadi lebih memahami dan siap buat menjawab pertanyaan" mereka. *Ssst biasanya kalo udh di dalam ruang sidang tuh suka nge blank, jadi catet ajaa. Gapapa kok bawa catetan, ini kan bukaan UTS/UAS wkwkkw. Jangan lupa, jaga atitude, jangan keras kepala kalo emang udah salah. Kamu bisa berargumen kalau emang kamu yakin itu layak untuk dipertahankan (khusus argumen ini, bisa dilakukan kalau kamu peneliti yg memakai paradigma kritis yaaa. Kamu berhak mempertahankan apa yang kamu dapat dari hasil penelitian kamu). Btw, setelah sidang kalian akan mengambil hasil notulen, yaitu kertas yg berisi revisian" dari para dosen penguji.

4. Sesi penilaian: Nahhh.. setelah sesi tanya-jawab berakhir, biasanya kita bakal disuruh tunggu di luar kelas dulu selama beberapa menit. Dosen penguji bakal memberikan pertimbangan mengenai nilai kalian. Jangan lupa berdoa dan berserah sama Tuhan. Pertama yg harus kamu ingat, kamu sudah melakukan yg terbaik, ucapkan rasa syukur dan terima kasih. Kedua, kamu sudah melewati setengah jalan, maka siapkan mental dan ikhlaskan apapun hasil yang nanti akan kamu dapati. Terakhir, setelah itu biasanya dosen penguji bakal nyuruh kamu masuk lagi ke dalam kelas, dan ketua penguji bakal membacakan berita acaranya. Setelah ituuu... apa hayo? Ya dikasih tau kamu dapet nilai apa wkwk. Sudah deh, selesai. Jangan lupa berterima kasih sama dosen penguji, karena setelah sidang kalian akan tetap berhubungan dengan mereka terkait revisian dan urusan TTD hard cover.

Itu dia alur dari sidang di kampus gue. Buat yang tau-tau aja sihhh inimah wkwk. Tapi secara garis besar, untuk sesi tanya jawabnya sama kok dengan kampus-kampus lainnya. Setelah sidang, jangan lupa kerjain revisian secepatnya, jangan diundur-undur yaa. Tau kan? Kalo di kampus gue batas waktunya cuman dua minggu buat revisian. Jadi usahakan manfaatin waktu yang singkat itu sebaik mungkin, pikirkan juga spare waktu untuk revisian-buat jurnal-revisi diperpus-print hard cover dan printilan-printilan lainnya. 

Terakhir, gue mau berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat selama proses pembuatan skripsi-ketika sidang-setelah skripsi usai-hingga akhir perkuliahan gue ini. Akhirnya, alhamdulillah bisa lulus tepat waktu, kalau berkenan doakan juga ya, supaya gue bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat dan baik, agar gue bisa terus berkembang dan belajar, sehingga bisa lebih bermanfaat, bisa melayani makhluk hidup lainnya di dunia ini. Aamiin. 

NB: Untuk sobat yang sedang baca ini, seperti apapun kondisi kalian, tetap semangat yaa.. semangat menjalani skripsian, semangat mempersiapkan sidang skripsi, semangat mengerjakan revisian, dan selamat atas kelulusan kalian, Hehe. Selanjutnya, mari kita menghadapi dunia yang sesungguhnya. Semoga cerita gue kali ini dapat bermanfaat untuk sobat sekalian. 😊

Fauziah Azahrah
6/08/2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan