Pekerjaan dan Keresahan Mahasiswa

Jum'at kemarin gue habis bukber (buka bersama) dengan teman-teman SMA, dan seperti biasa obrolan kita tidak jauh-jauh mengenai keluh kesah tugas kampus, basa-basi nanya keadaan, ghibahin orang, dan macam-macam. Ada yang menarik diobrolan yang cukup singkat saat itu, dan gue masih memikirkannya hingga sekarang.

"Pau, coba lu bayangin... gue jurusan PLS (pendidikan luar sekolah) disuruh buat aplikasi coba tuh, bener-bener deh ini dosen gue ajaib. Kemaren belajar manajemen, terus kewirausahaan, terus gue juga belajar siaran radio gitu-gituu.. gimana ga stress gue." (p.s : Tulisan udah gue edit pake bahasa gue heuheu) Lalu teman-teman gue terkekeh mendengar curhatan si P ini (sebut saja P).

Lalu tiba-tiba, dalam hati gue seperti merasakan ada suatu persaingan yang belum dimulai namun telah dirasakan. Mungkin kalau saat itu lo ada di posisi gue akan berpikiran sama. Yap, gue terdiam sejenak mendengar curhatan si P ini sambil bergumam dalam hati. "Persaingan makin ketat nih" kenapa gue mengatakan hal demikian? ya coba ajaa lo bayangin, saat ini lo di jurusan broadcasting, dan temen lo yang jurusan lain juga mendapat mata kuliah penyiaran (walaupun sedikit). Gue mulai menyadari kalau jurusan yang gue ambil saat ini memang memiliki kemungkinan besar akan kedapatan orang-orang yang akan kerja "lintas jurusan", dan yaak gue akan bersaing dengan mereka-mereka yang kuliahnya bukan jurusan komunikasi.

Persaingan semakin ketat mulai gue rasakan, dan memang benar adanya kalau jurusan ini sangat dibutuhkan dimasa sekarang. Sebut saja lowongan untuk Desain Grafis, Editor, Videografer, Copy Writer, Admin Social Media, etc sangat dicari sekarang ini. Seiring berkembangnya teknologi dan zaman yang terus semakin modern, menuntut kita untuk dapat melakukan sesuatu yang LEBIH dan SERBA BISA. Gue yang saat ini ambil jurusan komunikasi pun masih merasakan belum menjadi apa-apa, dikarenakan masih kurangnya ilmu yang gue miliki.

Gue sempat iseng-iseng cari lowongan magang atau part-time di socmed, gue coba lihat persyaratan dan lain-lainnya, dan seketika gue merasakan "I am Nothing" perasaan resah, bingung, bercampur menjadi satu. Mengingat waktu gue di kampus tinggal 2 tahun lagi, dan gue belum PeDe sama kemampuan yang gue miliki, terkadang rasanya seperti kehilangan arah ditengah hutan. Gue rasanya mau memberanikan diri mencari kerjaan part-time dan mendapatkan pengalaman disitu, merasakan bagaimana kerja secara nyata, bagaimana dunia yang sesungguhnya akan gue hadapi nanti setelah kuliah. Namun lagi-lagi, gue tidak PeDe dengan kemampuan yang gue miliki, pengalaman yang gue punya yang mungkin masih biasa aja, dan pada akhirnya gue mengurungkan niat tersebut.

Setiap harinya gue selalu berpikir "Apa yang harus gue lakukan" "Bagaimana cara menciptakan sesuatu yang bermanfaat" dan pikiran-pikiran lainnya yang terus memenuhi otak. Gue selalu berharap ditunjukkan jalan oleh Tuhan, dan mendapat keberanian untuk keluar dari zona nyaman ini. Berani bertindak dan menciptakan sesuatu. Yahh semoga saja..

Itulah sedikit keresahan yang gue rasakan dan gue dapati dari hasil silaturahmi sama teman-teman SMA. kalau keresahan lo apa gaes?? tulis dibawah yaaa :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan