Reactable, Musik Baru di Abad-21

Pernah mendengar kata Reactable? apa kalian baru kali ini mendengar nama tersebut? Kalau belum mengenal, mari gue perkenalkan dengan alat satu ini.

Reactable adalah sebuah instrument elektronik yang sangat unik. Disusun dan dikembangkan oleh Sergi Jorda,Marcos Alonso, Martin Kaltenbrunner dan Günter Geiger dari Universitas Pompeu Fabra di Barcelona, Spanyol pada tahun 2003. Sebenarnya, alat musik ini bisa disebut juga sebagai alat musik yang baru di abad ke-21.
Reactable terdiri dari sebuah meja transparan. Di bawah meja adalah kamera video, yang ditujukan untuk bawah meja dan memasukkan variasi video ke komputer pribadi. Ada juga sebuah proyektor video di bawah meja, yang juga terhubung ke komputer, proyeksi video ke bawah permukaan meja yang bisa dilihat dari sisi atas juga. Ada sebuah mesin audio berdasarkan Pure Data dan SuperCollide.

Di atas meja adalah tampilan fiducials (acuan sebuah objek yang digunakan dalam bidang sistem pencitraan yang muncul dalam gambar yang dihasilkan untuk digunakan sebagai titik acuan atau ukuran. Ini bisa berupa sesuatu yang ditempatkan dalam atau pada subjek image, atau tanda atau seperangkat tanda dalam reticle instrumen optik) terpasang dibawah mereka yang terlihat melalui tabel dengan kamera. Para fiducials yang tercetak gambar hitam dan putih, terdiri dari lingkaran dan titik-titik dalam berbagai pola, dioptimalkan untuk digunakan oleh reacTIVision. reacTIVision kemudian menggunakan fiducials untuk memahami fungsi dari sebuah tampilan tertentu.

CARA KERJA

Cara kerja Reactable ini terinspirasi oleh synthesizer analog modular seperti yang dikembangkan oleh Bob Moog pada awal tahun 60-an dan ditingkatkan dengan konsep baru dari pengolahan efek sampling dan digital. Sementara dengan satu modular synthesizer biasanya berbagai modul yang berbeda dihubungkan dengan kabel patch yang lebih kompleks dan rawan kesalahan proses, dengan Reactable ini dapat dicapai dengan cara yang lebih mudah dan lebih intuitif, karena koneksi antara blok tersebut dikelola secara otomatis berdasarkan jenis, hubungan dan kedekatan bloknya.

Nahh setelah kita mengenal alat musik ini, kalian pasti penasaran kan bagaimana saat instrumen elektronik ini digunakan?
So, check this out!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan