Kegunaan Website

Tugas Artikel ke-2
Technology Development
Kalbis Institute - 02 PCBC

 Halo guys, bertemu lagi dengan saya Fauziah. Kali ini saya akan membahas mengenai Website, lebih sempitnya yaitu pengaruh website dalam hal penyebaran informasi, media komunikasi, dan sumber informasi utama. Nah, seperti hal nya yg sedang saya lakukan saat ini. Saya memanfaatkan situs web www.blogger.com untuk menuliskan segala hal yang saya miliki, maupun menyebar luaskan pemikiran-pemikiran orang lain yang saya modifikasi dalam bentuk tulisan. Simple bukan?

Okey, lanjut..
Teknologi semakin berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Penggunaan internet saat inipun sangat berbeda sekali dengan dahulu kala. Internet, bukan hanya berfungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan lainnya. Kini, cakupan internet sudah sangat mengglobal. Kita bisa menjelajahi segalanya melalui internet. Namun, ada hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum kita terhubung dengan internet, salah satunya adalah Modem.

Bicara soal website, website adalah  kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tepatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Sekarang ini, website sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan manusia. Website menjadi bagian dari media massa. Ia memberikan informasi ke khalayak luas dengan berbagai macam kelebihannya. Banyak pula orang-orang yang memanfaatkan internet untuk membuat website. Baik untuk pekerjaan, maupun pribadi.

Dari segi Penyebaran Informasi dan sumber informasi utama, contoh: Kompas.com


Kompas.com adalah website berita online yang dimiliki oleh perusahaan kompas. Kompas menyadari, perkembangan dalam internet yang begitu pesat serta gaya hidup manusia modern yang semuanya serba praktis, membuat Kompas mulai ikut terjun ke dunia internet. Dan akhirnya, lahirlah kompas.com situs berita online yang dapat dibaca oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Secara aktual memberikan informasi maupun peristiwa" terbaru. Pembaca bisa dengan mudah mendapatkan berita" terkini yang aktual,faktual, dan terpercaya. Untuk mengaksesnya pun kita hanya butuh kuota internet, begitu mudah dan murah bukan?. 

 Ada hal unik dalam website kompas.com . Website ini memiliki Sub"website didalamnya. Ia membuat bagian-bagian Bidang yang terpisah. Maksudnya seperti ini. Kompas.com adalah website yang dikhususkan untuk memberikan informasi mengenai berita/peristiwa yang terjadi saat ini.
  • Didalam website tersebut, ada sub-website lain seperti halnya Kompasiana.com yaitu website yang disediakan oleh kompas untuk masyarakat luas. Pengguna yg sudah mendaftarkan diri, bisa menuliskan apa saja dan dapat dipublish dalam website tersebut.
  • Lalu ada kompaskarier.com yaitu website yang menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan, tips karier, konseling, dsb.
  •  Lalu ada pula Nextren.com yaitu website yang berisi hal-hal mengenai tren yang sedang terjadi dimasyarakat. Dari hal sosial, bisnis, gadget,dll.
  • Bagi pecinta otomotif, kompas.com menyediakan sub-web bagi kamu para otomania. Nama websitenya adalah otomania.com berisi hal-hal mengenai otomotif.
  • Untuk pecinta sepakbola pun disediakan website khusus oleh kompas.com, dengan nama website juara.net kamu bisa mencari tahu banyak hal mengenai bola, dari pemain,gosip, sampai pertandingan dan hasil-hasilnya.
Kompas.com benar-benar serius dalam memanage websitenya. Ia paham betul bagaimana maunya pembaca, dan seperti apa yang pembaca inginkan. Hal ini membuat pembaca tak perlu mencari-cari website lain, karena merasa kalau didalam kompas.com segalanya sudah ada.

Lanjut..
Seperti apa website sebagai media komunikasi dunia? Saya ambil contoh adalah Facebook. 

Facebook adalah layanan jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg. Ketika kita ingin menggunakan website ini, kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Ketika sudah memiliki akun, kita dapat menggunakan facebook untuk menulis suatu hal di postingan kita, chatting dengan teman, berkirim pesan, mencari teman lama maupun baru, bergabung dengan grup, berjualan, dsb.

Dengan sifatnya yang universal, memungkinkan kita sebagai pemilik akun, dapat berteman dengan orang-orang dari luar kota, maupun luar negeri. Postingan yang kita buat pun bisa dibaca oleh banyak orang (jika pengaturannya disetting untuk publik). Tulisan yang baik maupun buruk, jika sudah diposting berarti sudah menjadi konsumsi publik. untuk itu, banyak peristiwa" yang terjadi terkait postingan status yang orang-orang buat.
Setelah saya memberikan contoh-contoh website yang terkait mengenai informasi yang dihasilkan, sampailah pada kesimpulan.
Website dikelola oleh Admin dari web itu sendiri. Segala yang ditulis dalam website tersebut, sudah menjadi tanggung jawab sang pemilik. konten dalam website pun tentunya tidak melanggar kode etik yang ada. Jikalau melakukan pelanggaran, dengan sigap akan diatasi oleh pemilik web. Dalam website-website besar, mereka memiliki syarat&ketentuan yang berlaku dalam website miliknya.

See you~
Fauziah Azahrah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan