All About Passenger


Kali ini gue mau membahas tentang seorang penyanyi beraliran Folk asal Inggris. Gue mau sedikit bercerita mengenai asal mula gue mengenal orang ini, sampai bisa membuat gue benar-benar jatuh cinta ketika mendengar lagunya.

Kala itu, waktu gue kelas 2 SMA salah seorang guru memberi tugas kepada murid-muridnya, dan dengan sikap mau tak mau para murid menerima tugas itu dan mengerjakannya. Gue duduk dideretan meja kedua dari baris keempat. Yap, tepatnya sederetan dengan meja Guru dan gue bersandar dengan tembok sambil mengerjakan tugas.

Lagi asyik" nya ngerjain tugas, temen gue dari sebrang ngomong tanpa suara "Gue duduk disitu yaa" Sambil menerka" omongan dia, gue pun menganggukkan kepala. Namanya Mukti, biasa dipanggil Komuk, entah panggilan darimanaaaa ituu haha. Dengan santainya Komuk berjalan kearah meja gue dengan headset yang menggantung ditelinganya. Lalu tak lama ia menyodorkan headset itu kearah gue. Musik pun mengalun dan silih berganti, menemani kita yang sedang sibuk mengerjakan tugas.

Tiba-tiba.... terdengar intro musik yang menarik perhatian gue, petikan gitar dan alunan musik yang harmonis sontak membuat kegiatan gue terhenti sejenak, semua perhatian gue hanya terfokus pada lagu itu.
~You only need the light,
when it's burning low
Only miss the sun
 when it's start to snow
Only know you love her when you let her go~

Langsung tanpa babibu lagi gue tanya sama Komuk "Muktiii ini lagu siapaa??? Judulnya apaaa??" dan segenap pertanyaan meluncur begitu saja dari mulut gue dengan rasa kekepoan yang amat sangat tinggi. "Judulnya Let Her Go, lagunya Passenger" mendengar jawaban itu, gue jadi bingung "Passenger?? itu band apaan? lu punya lagu" yang lain?" dengan sabar Komuk ngebales pertanyaan gue satu persatu,  "Band Inggris Pau, gue gapunya.. ini aja gue dapet dari Bayu, dia demennya kan lagu inggris." gue pun hanya bisa manggut",

Rasa penasaran gue dengan lagu ini semakin memuncak. Pulang dari sekolah gue langsung browsing itu lagu. Namun apaaaa yg terjadii?? ternyata saat itu gue sedikit sulit mencari tau tentang Passenger. Waktu itu, lagu Let Her Go belum terlalu dikenal banyak orang, makanya gue agak sedikit susah nyari tau profile dan lagu-lagu mereka. Tapii.. setelah beberapa bulan kemudian,  lagu ini booming baangeett!! WaW...

Gue sii ga heran, emang lagunya enak didengar, musik nya juga unik. Kebetulan gue suka aliran Folk, jadi pas aja buat ditelinga gue. Yaa walaupun gue ga paham-paham banget dengan musik, setidaknya gue bisa menikmati berbagai macam genre musik tanpa harus membenci salah satu diantaranya.

Musik itu untuk dinikmati, dihayati, dan untuk dipahami.
Kali ini gue mau share sedikit tentang Passenger dan beberapa lagu yang menurut gue enaque bangeet buat didengar. Tapi menurut gue, semua lagunya siih enak yaa, suara vokalisnya itu loohhh unik dan khas banget.

Jadiii.... awalnya Passenger itu adalah sebuah Band, dimana salah satu personilnya adalah Michael David Rosenber, band itu terbentuk pada tahun 2003. Pada tahun 2007 band ini sempat mengeluarkan Album yang berjudul Wicked Man's Rest. Namuun band ini hanya bertahan 6 tahun, mereka bubar pada tahun 2009. 

Rosenber tetapi tetap yakin dengan segala mimpinya, dan tetap memakai nama Passenger dalam pertunjukkan Solo dia. Pada Tahun 2009 Passenger a.k.a Rosenber merilis album yang berjudul Wide Eyes Blind Love. Lalu pada tahun 2012, Passenger merilis album kembali yang berjudul All the Little Lights, nahh di single kedua inilah membuat nama Passenger perlahan makin memuncak. Single kedua itu berjudul Let Her Go.

Hmm sebenernya sii ada 2 album yang dia buat pada tahun 2010, judulnya Divers & Submarines sama Flight of the Crow. Lalu pada tahun 2014 Passenger merilis album baru yang berjudul Whispers, dan tahun 2015 berjudul Whispers II.

Gue sempat heran, ternyata lagu yang gue denger itu udah ada dari tahun 2012, tapii baru booming nya tahun 2014. Gilak! butuh waktu 2 tahun untuk mendapatkan keajaiban, dan yakk Tuhan memang tidak tidur. Segala jerih payahnya terbayar pada Album All The Little Lights ini. Terbukti, Lagu “Let Her Go” menuai kesuksesan luar biasa di Inggris dengan menembus posisi #2 di chart iTunes, kemudian videoklip nya juga menjadi hits besar dengan total lebih dari 40 juta view! Lewat sebuah perjalanan dan perjuangan keras, akhirnya Passenger berhasil merambah dunia.

Kalau penasaran sama lagu lain selain Let Her Go, gue mau memberi tau sedikit lagu-lagu yang menurut gue enak, dan emang semuanya enak siiiii... hoho

1. Golden Leaves
2. Bullets
3. And I Love Her
3. Fear Of Fear
4. Rolling Stone
5. Holes
6. Keep On Walking
7. Walk In the Rain

Btw lagu" yang di album pertama, Wicked Man's Rest juga enak semua loohhh, pada waktu itu Rosenber yang paling banyak menciptakan lagu di album ini, namun ada juga ciptaan Philiph.. dengerin aja sendiri kalau penasaran, dan ini wajib banget didenger buat kamu yang suka aliran Folk.

Selamat Mendengarkan :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan