Kelebihan bisa Bahasa Daerah


storyfauziah.blogspot.com
Bahasa Daerah


Bahasa daerah di Indonesia amat sangat banyak dan beragam, tak heran begitu banyak etnis yg bisa kita temui di negeri ini, negeri yang kaya akan keragaman budaya,dan bahasa nya. Ada lebih dari 400 bahasa yang masih digunakan di tiap daerah, bahkan masih terus di lestarikan sampai sekarang.

Jika mendengar teman kita sedang berdialog bahasa daerah, dan kita tidak tahu apa itu artinya ada nilai plus bagi dia. Nah, jika kita menguasai satu atau dua bahasa daerah, begitu banyak kelebihan yang akan kita terima. Itu, menurut padangan gue dari hasil pengamatan di lapangan. weheehe

So, apa saja sih kelebihan-kelebihannya? Baca teruuuusss sampai habis...... :)
  1. 1. Tawar-menawar lebih mudah, dan murah.
    "Mudah" bicara soal mudah, kalau kita tau si penjual ternyata asal dari daerah A, dan kita bisa berbicara bahasa daerah tsb, tawar-menawar pun bisa lebih mudah. Karena apa? "Sifat Kedaerahan". Saat lo bicara pakai bahasa daerah, dan si penjual akan merasa bangga karena ada rasa saudara 1 daerah.
    Contoh Dialognya beginii kurang lebih :D
    "Sabaraha ieu teh?"
    "Lima rebu neng,"
    "Teu bisa kurang?, 2 rebu nyak? Hehe.. "
    "Hmm gimana ya, yaudah deh buat Si Eneng mah. :D"
    Nah, kalau "Murah" ya sudah pasti, ketika barang yg lo inginkan sudah di dapat, dan lo tawar dengan harga yg miring, kadang si penjual bisa looh memberi harga miring ke kita. Dan ini bisa di katakan Work banget! temen gue sering melakukan itu, dari makan di warteg dengan harga yg miring, sampai beli barang-barang lain. Enak kan?, dan disitu kadang saya merasa sedih. Hiks~
  2. 2. Ada kebanggaan tersendiri
    Naahh, mungkin kalau lo lemah di bahasa inggris, dan lo bisa bahasa daerah, menurut gue lo ga perlu malu. Kenapa? karena di situlah letak kehebatan looo haha. Sebenarnya lo bisa menangkap peluang dari kelebihan yg lo punya ini, contoh:
    - Lo kenalan sama bule yg berminat belajar bahasa daerah asal lo, dan karena kebetulan lo bisa berbicara dengan lancar, lo pun menawarkan tuh bule untuk jadi guru private lo dalam belajar bahasa Inggris. Naahh! gimana, mancay kan? sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui, bisa belajar b.inggris gratis, dapet kenalan bule juga lagi! haha. :D
  3. 3. Melestarikan Bahasa Daerah lo
    Saat lo berbicara bahasa daerah,dan ketika lo nikah, tidak menghilangkan bahasa daerah itu, bahkan masih lo pakai, dan ajarkan ke anak" atau keponakan. Disitulah, lo telah berperan aktif dalam melestarikan bahasa daerah tsb.
  4. 4. Bisa Kibulin orang (boongin) *Bercanda*
    Naahh dalam konteks ini, buat kalian yg pendatang sedang menimba ilmu di kota orang, pasti suka jadi korban jail para teman"nya yg asli dari daerah itu. Kadang, bahasa yg diucapkan artinya suka di bedain gituu. Buat yg pernah jadi korban pasti paham nihh maksud gue hehe :v
Naahh itu lah beberapa kelebihan-kelebihannya saat lo bisa bahasa daerah. Untuk saat ini, gue sendiri belum begitu lancar ngomong bahasa sunda *di sekolah ada pelajaran b.sunda* *gue tinggal di kawasan jabar*  maupun bahasa daerah dari bokap(jawa) maupun nyokap(palembang).

Kalau bokap gue, bisa 3 bahasa daerah. Jawa,sunda,sumatera (sedikit). Dan disitu kadang saya merasa sediiihh :(( kadang, kalau denger bokap lg bicara bahasa daerah di telfon atau ngobrol suka iri, mau belajar tapi blm bisa" pulak!. haft
Yah begitulah kurang lebihnya, semoga aja gue bisa lancar ngomong basa sunda hehe.
Sekian dari gue, thankyou ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan