Langsung ke konten utama

5 negara yg bersahabat dengan indonesia


Nama: Nur Syahidah Fauziah.A
Kelas: XI IPS 3
Tugas: Kewarganegaraan


KUBA

Profil Singkat Negara:

Republik Kuba bahasa Spanyol: República de Cuba adalah negara kepulauan yang terletak di Karibia, terdiri atas Pulau Kuba (pulau terbesar di Kepulauan Antilles Besar), Pulau Pemuda dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Ibukota sekaligus kota terbesar di negara ini adalah Havana. Nama "Kuba" konon berasal dari sebuah kata dalam bahasa Taíno, cubanacán, yang berarti 'tempat yang sentral'. Di sebelah utara, Kuba berbatasan dengan Amerika Serikat (150 km) dan Bahama, Meksiko di sebelah barat, Kepulauan Cayman dan Jamaika di sebelah selatan, Haiti dan Republik Dominika di sebelah tenggara. Dibanding Indonesia, luas Kuba masih lebih kecil dari Pulau Jawa.

Kuba merupakan negara berkembang, namun memiliki angka harapan hidup dan tingkat melek huruf tinggi. Negara ini mempunyai sistem kesehatan nasional yang bertanggung jawab atas kesehatan seluruh rakyat Kuba; tingkat kematian bayi di negara ini pun lebih rendah daripada beberapa negara maju, dengan angka harapan hidup mencapai 78 tahun.

Tingkat melek huruf negara ini pun mencapai 99,8% dengan pendidikan gratis di semua tingkat. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, Kuba adalah satu-satunya negara yang memenuhi definisi World Wide Fund untuk Lingkungan mengenai perkembangan berkelanjutan, dengan penguasaan tanah kurang dari 1,8 hektar per kapita dan Indeks Pembangunan Manusia lebih dari 0,8 tahun 2007.

Kuba merupakan penghasil gula terbesar di dunia setelah Brasil. Meskipun gula merupakan penghasil utama dengan 85% dari ekspornya, namun yang tinggal di dalam negeri masih merupakan negara pemakan gula terbanyak setelah Kosta Rika.


Hubungan Indonesia-Kuba:

Hubungan kedua negara selama ini sudah berjalan baik. Misalnya dalam bidang olahraga dengan adanya pertukaran pelatihan bagi atlit tinju dan bulutangkis. Kemudian dalam bidang politik, dengan adanya saling dukung oleh kedua negara dalam berbagai isu internasional dalam kerangka Gerakan Non Blok (GNB) maupun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),”

RI akan prioritaskan kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan dengan Kuba. Mengingat kedua negara adalah negara ekonomi terbesar di kawasan masing-masing, maka terdapat peluang yang besar pula dalam peningkatan hubungan di bidang tersebut.


Indonesia berencana meningkatkan kerja sama dengan Kuba di bidang kesehatan terutama dalam bentuk pertukaran pandangan serta pengiriman tenaga medis untuk menuntut ilmu di negeri yang berada di Amerika Latin tersebut. saat ini sedikitnya ada tiga tenaga medis Indonesia yang sedang mendalami pendidikan di bidang kesehatan di Kuba untuk jangka waktu selama enam tahun.

RUSIA

Rusia (Bahasa Rusia: Росси́я, alihaksara: Rossiya;bahasa Tatar:Рәсәй), adalah sebuah negara yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Tiongkok (Tiongkok; RRT), Kanada, atau Amerika Serikat. Penduduknya menduduki peringkat ketujuh terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan.

Negara ini pernah menjadi negara bagian yang terbesar pada saat Uni Soviet. Rusia adalah ahli waris utama Uni Soviet; negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya.

Kota- kota besar di Rusia antara lain Moskow, Saint Petersburg, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, Samara, Omsk, Kazan, Chelyabinsk, Rostov na Donu, Ufa, Volgograd, Perm, Krasnoyarsk, Saratov, Voronezh, Tolyatti, Krasnodar, Ulyanovsk, dan Izhevsk.

Saat ini Rusia masih berusaha keras untuk meraih status sebagai negara adidaya lagi. Meskipun Rusia adalah negara penting, tetapi statusnya masih jauh dibandingkan dengan status Uni Soviet dulu.

HUBUNGAN INDONESIA-RUSIA:
HUBUNGAN INDONESIA-RUSIA

Rusia dan Indonesia mempunyai sejarah panjang dalam kerja sama militer.penguatan kerja sama dengan Indonesia adalah bagian dari strategi besar dalam reorientasi politik luar negeri Rusia ke arah Asia Pasifik., Rusia juga akan mengerjakan sejumlah proyek besar di Indonesia, di antaranya pembangunan jaringan kereta api di pulau Kalimantan untuk mengangkut batu bara di wilayah tersebut.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Alexander A.Ivanov mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa draf kerja sama produksi (join production) dengan tiga perusahaan pembuat senjata militer di Indonesia. Selain soal kerja sama produksi dan pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) ke Rusia, akan ada rencana pengiriman sejumlah taruna untuk belajar di Rusia. 

di bidang industri aviasi, Rusia akan membangun pusat pelayanan teknis aviasi pesawat Rusia yang dimiliki oleh Indonesia untuk transportasi udara lokal maupun regional di wilayah Indonesia. Rusia juga akan membangun pabrik pembuatan komponen pesawat terbang dan stasiun pengawasan wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia.

JEPANG

Profil Singkat:

Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon atau Nihon; nama resmi: 日本国 Nipponkoku atau Nihonkoku, nama harfiah: "Negara Jepang") adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

HUBUNGAN INDONESIA-JEPANG:

Walau sejarah mencatat kisah suram penjajahan Jepang di Indonesia, saat ini kedua negara telah membina hubungan persahabatan yang sangat erat yang berlandaskan hubungan kerjasama dan pertukaran di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, kebudayaan dan sebagainya. Hubungan persahabatan seperti ini, bukanlah sesuatu yang dapat dibangun dalam sehari saja.

Di Indonesia ada sekitar 11.000 orang Jepang, sebaliknya di Jepang terdapat lebih 24.000 orang Indonesia. Perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia berjumlah lebih dari 1000 perusahaan, di mana bekerja 300.000 orang Indonesia. Sementara itu, di Indonesia terdapat lebih dari 85.000 orang yang belajar Bahasa Jepang, jumlah ini terbesar di Asia Tenggara dan menempati kedudukan ke-6 di dunia.



Perdagangan
Bagi Indonesia, Jepang merupakan negara mitra dagang terbesar dalam hal ekspor-impor Indonesia. Ekspor Indonesia ke Jepang bernilai US$ 23.6 milyar (statistic Pemerintah RI), sedangkan impor Indonesia dari Jepang adalah US$ 6.5 milyar sehingga bagi Jepang mengalami surplus besar impor dari Indonesia (tahun 2007)

Komoditi penting yang diimpor Jepang dari Indonesia adalah a.l. minyak, gas alam cair, batubara, hasil tambang, udang, pulp, tekstil dan produk tekstil, mesin, perlengkapan listrik, dll. Di lain pihak, barang-barang yang diekspor Jepang ke Indonesia meliputi mesin-mesin dan suku-cadang, produk plastik dan kimia, baja, perlengkapan listrik, suku-cadang elektronik, mesin alat transportasi dan suku-cadang mobil.

Investasi
Investasi langsung swasta dari Jepang ke Indonesia yang menurun sehubungan dengan stagnasi yang dialami perekonomian Indonesia akibat krisis ekonomi yang melanda Asia pada tahun 1997, kini belumlah pulih sepenuhnya, namun Jepang tetap menempati kedudukan penting di antara negara-negara yang berinvestasi di Indonesia.
Dalam jumlah investasi langsung asing di Indonesia dari tahun 1967 hingga 2007, Jepang menduduki tempat pertama dengan angka 11,5% dalam kesuluruhannya.

Terdapat kurang lebih 1000 perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia (sumber: JETRO). Perusahaan-perusahaan tersebut memperkerjakan lebih dari 32 ribu pekerja Indonesia yang menjadikan Jepang sebagai negara penyedia lapangan kerja nomor 1 di Indonesia (sumber: BKPM).

Kerjasama Ekonomi
Indonesia merupakan negara penerima ODA (bantuan pembangunan tingkat pemerintah) terbesar dari Jepang (berdasarkan realisasi netto pembayaran pada tahun 2005 adalah US$1.22 milyar, yaitu + 17% dari seluruh ODA yang diberikan Jepang)

SURIAH

PROFIL SINGKAT:

Republik Arab Suriah (bahasa Arab: الجمهورية العربية السورية al-jumhūriyyaħ al-ʕarabiyyaħ as-sūriyyaħ; bahasa Inggris: Syria), adalah negara yang terletak di Timur Tengah, dengan negara Turki di sebelah utara, Irak di Timur, Laut Tengah di barat dan Yordania di selatan. Suriah beribukota Damaskus.

HUBUNGAN INDONESIA-SURIAH:

Di Bidang Politik: Persahabatan Antara Republik Indonesia dan Republik Arab Suriah).
Di Bidang Kebudayaan: Kunjungan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia ke Republik Arab Suriah tanggal 8 Juli 1965, Kedua Pihak Sepakat Menyatakan Masih Berlakunya Persetujuan Kebudayaan Antara Republik Indonesia dan Republik Mesir yang ditandatangani di Jakarta tanggal 10 Oktober 1955).
Di Bidang Perdagangan: (Persetujuan Dagang Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Arab Suriah dan Protokol Mengenai Pertukaran Barang Untuk Tahun 1976).
Di Bidang Teknis: Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Arab Suriah mengenai Kerjasama Ekonomi, Ilmu Pengetahuan dan Teknik

RRC

 PROFIL SINGKAT:

Cina merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki wilayah terluas dan jumlah penduduk terbesar di dunia. Luas wilayah Cina mencapai 9.596.961 km2. Cina terletak di Benua Asia dengan letak georgrafis antara 18' LU–54'BT dan 73'BT–135'BT. Saat ini Cina merupakan salah satu
negara berkembang yang kini mulai menjadi salah satu negara industri baru.

HUBUNGAN INDONESIA-RRC:

Pariwisata :
Pengaturan Antara Kementerian Negara Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia dan Administrasi Pariwisata Nasional Republik Rakyat China Tentang Rencana Pelaksanaan Perjalanan Wisata Luar Negeri Warga Negara Republik Rakyat China ke Indonesia
Teknis: Memorandum Saling Pengertian Antara Departemen Perhubungan Republik Indonesia dan Departemen Perhubungan Republik Rakyat China Mengenai Kerjasama Teknik di Bidang Transportasi)
Finansial : Memorandum Saling Pengertian Mengenai Bantuan Hibah yang Berkenaan Dengan Kerjasama Ekonomi dan Teknik Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Rakyat China

SUMBER:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kuba
http://www.indonesia.go.id/in/kementerian/kementerian/kementerian-luar-negeri/303-provinsi-papua-ekonomi/10481-ri-kuba-prioritaskan-kerjasama-ekonomi-dan-perdagangan
http://international.sindonews.com/read/2013/05/24/40/730619/ri-kuba-sepakat-tingkatkan-kerjasama-di-berbagai-bidang
https://id.berita.yahoo.com/indonesia-kuba-berencana-tingkatkan-kerja-sama-kesehatan-101046917.html
http://www.antaranews.com/berita/420931/rusia-jajaki-kerja-sama-militer-dengan-indonesia
http://www.tempo.co/read/news/2011/09/20/078357306/Indonesia-Rusia-Akan-Kerja-Sama-Produksi-Senjata
http://id.wikipedia.org/wiki/Rusia

http://indonesia.rbth.com/economics/2014/02/26/kerjasama_bisnis_antara_indonesia_dan_rusia_meningkat_23291.html
http://setkab.go.id/berita-11436-indonesia-jepang-sepakat-tingkatkan-kerjasama-perdagangan-investasi-dan-infrastruktur.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Jepang
http://id.wikipedia.org/wiki/Suriah
http://kemlu.go.id/Daftar%20Perjanjian%20Internasional/china.htm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan