Hubungan Bilateral


Tugas kelas XI: Perjanjian Internasional
Nama: Nur Syahidah Fauziah.A
Kelas: XI IPS 3
Kewarganegaraan




 HUBUNGAN BILATERAL 

Hubungan Bilateral dalam bahasa inggrisnya bilateral relations atau bilateralism adalah suatu hubungan politik, budaya dan ekonomi di antara 2 Negara. Nah, dalam garis besar hubungan bilateral yaitu hubungan yang melibatkan 2 Negara. Mengapa 2? karena kata "Bi" itu berarti dua. Hubungan ini berisi perjanjian politik-ekonomi, pertukaran kedutaan besar, dan kunjungan antar negara.

HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA dengan PALESTINA

Kita ambil contoh hubungan atau kerjasama antara Negara Indonesia dengan palestina. Sebuah kewajiban untuk menjaga dan meningkatkan serta mencari peluang baru bagi peningkatan kemitraan yang ada.
ada 3 bidang kemitraan yang dapat terus ditingkatkan, yaitu di bidang politik, ekonomi dan hubungan antar manusia.

Bidang Politik
Di bidang politik Indonesia menggarisbawahi komitmen melalui langkah-langkah proaktif kita untuk mewujudkan negara Palestina yang berdaulat dan merdeka. Ini adalah posisi dasar yang akan terus di jalankan. Selain itu Indonesia juga akan terus mendorong setiap upaya untuk terwujudnya perdamaian di Palestina melalui konsep two states solution.

Bidang Ekonomi
kedua negara sepakat untuk meningkatkan kemitraan dan memanfaatkan peluang-peluang baru di bidang ekonomi. Joint Business Council antara Indonesia dan Palestina diharapkan dapat mewujudkan hal ini, khususnya peluang-peluang investasi. Indonesia-Palestina juga membahas kerja sama di masa depan seperti kerja sama minyak dan gas dan kemitraan lainnya.

Hubungan Antar Manusia
di bidang hubungan antar masyarakat atau people to people contact Indonesia akan terus melanjutkan dan meningkatkan kerja sama beasiswa.

MANFAAT DARI HUBUNGAN BILATERAL

Salah satu aspek dari kerja sama adalah target atau tujuan yang akan di capai.Manfaat kerja sama dilihat dari target tersebut adalah baik bersifat finansial maupun nonfinansial. Pihak-pihak yang bekerja sama masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, keduanya berusaha
menutupi kekurangan masing-masing dengan kelebihan yang dimiliki. Dengan demikian, diharapkan hasil yang dicapai dari kerja sama tersebut harus lebih baik atau lebih besar dibandingkan jika dikelola sendiri tanpa kerja sama dengan pihak lain. Jika hasil yang diperoleh dari kerja sama tidak lebih baik bila seandainya tanpa kerjasama, berarti kerja sama tersebut gagal.

Manfaatnya antara lain:
a) Kerja sama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas.
b) Kerja sama mendorong berbagai upaya individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.
c) Kerja sama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuan bersaing meningkat.
d) Kerja sama mendorong terciptanya hubungan yang harmonis antarpihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.
e) Kerja sama menciptakan praktek yang sehat serta meningkatkan semangat kelompok.
f) Kerja sama mendorong ikut serta memiliki situasi dan keadaan yang terjadi dilingkungannya, sehingga secara otomatis akan ikut menjaga dan melestarikan situasi dan kondisi yang telah baik.




Sumber:
http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1943515-manfaat-kerja-sama/#ixzz2wNYNxupj

http://www.kemlu.go.id/kotakinabalu/Pages/News.aspx?IDP=6820&l=id

http://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_bilateral

Edited Post By
Fauziah.Az

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan