Tempat Penuh Kenangan



Entahla, hati ini selalu tidak pernah bosan untuk terus mengingat masa lalu, ya, masa kecilku. Tanpa sengaja berputar kembali saat ku melewati tempat-tempat atau jalanan yang pernah menjadi saksi kenangan masa lalu ku. Tak pernah bosannya otak ini untuk terus mengingatkan kemanisan akan masa kecil dulu. Diri ini seperti terbuai oleh manisnya kenangan hidup masa kecil.

Komplek ini, semua lorong, semua celah sudah ku jelajahi bersama teman-temanku, seluk-beluk komplek ini, sudah ku ketahui semasa kecilku. Ketika mendapat jalan yang menurut kami asing, kami coba telusuri, seperti mencari sebuah harta karun. Tak pernah bosan, selalu tertantang. Ya, itu masa kecilku.

Banyak tempat-tempat kenangan saat kecil dulu, yah, walaupun tempat itu dilihat tampak biasa, tapi bagiku, itu adalah tempat yang sangat berharga, begitu banyak kenangan yang terjadi di tempat itu. Begitu banyak hal yang selalu di kita jalani di tempat itu. Sehingga hatiku mencoba meyakinkan, bahwa tempat itu memang pantas untuk di kenang.

Dulu, kita bermain tak kenal waktu, tak kenal jam istirahat, tapi yang hanya kita tahu bermain, berkumpul, dan bersama, haha. Kita tidak menghiraukan betapa khawatirnya seorang ibu terhadap anaknya yang dari pagi hingga sore tak kunjung pulang kerumah. Kita berpetualang, ketika kita di luar, itulah kebebasan kita, kita lakukan semuanya diluar sana.

Seperti sudah ada jadwal wajib dalam hidup kita, kalau waktu libur tiba, pagi kita bermain di lapangan, mencari permainan yang asik. Kalau siang tiba, kita berpetualang, mencari makanan dari pohonnya langsung, atau lebih tepatnya nyolong dan makan bareng-bareng hehe. kita memakan buahnya juga mengikuti musim, ada musim apa kita ambil dan nikmati bersama. :) Kalau sore tiba, baru kita pulang ke rumah masing-masing, untuk sekedar membersihkan badan, makan, dan sisanya pergi lagi keluar, untuk? bermain lagi :). Malamnya, kita tak pernah kehabisan permainan, selalu ada saja yang di mainkan. Sisanya, kita berkumpul dan saling berbagi cerita.

Tua-muda, saat itu tidak di pandang, tidak mengkotak-kotakkan, kita disini bermain bersama, yang tua tugasnya melindungi, yang muda tugasnya nurut apa kata yang tua ._. hehe. Kebersamaan, kedekatan itu ku rasakan sangat erat sekali. Saat itu ku merasa, tak ingin masa ini berlalu, biarkan ini mengalir terus seperti adanya. Namun, seketika ku teringat, roda terus berputar, waktu terus bergulir, umur terus bertambah, dan mau tak mau kita harus beranjak menjadi kepribadian yang  lebih dewasa, meninggalkan masa manis itu. Dan menyimpannya rapih dalam memori otak ini.

Tempat-tempat yang pernah ku kuasai, tempat-tempat yang dulu selalu ramai oleh anak-anak, dan muda-mudi, yang tak pernah lupa selalu mewarnai tempatnya dengan kisah, dengan permainan, kini hanyalah tempat biasa. ya, tempat yang tak berpenghuni, yang sepi, tidak seperti dulu selalu di ramaikan. Orang-orang yang dulu, sedikit demi sedikit sudah bersama dengan dunianya sendiri, berkutat dengan kesibukan masing-masing. Dan tempat itu, masih tetap berdiri kokoh, dan dengan manis menunggu siapapun bertandang ke tempatnya, meramaikannya lagi.

Ada beberapa tempat yang amat sangat mengenangkan untuk hidup ku.

Tempat-Tempat itu diantaranya:

Lapangan Bulutangkis
Di tempat inilah masa kecil ku habiskaan bersama teman sepermainan, berbagai macam permainan kita lakukan bersama, berbagai kisah kita torehkan bersama di tempat ini. Dari bermain bulu tangkis, benteng, galaxin, lompat tali, futsal, bermain petasan, petak umpet, layangan, dan yah, masih banyak lagi.

Tanggul Kali
tau kan? ya, "Kali" yaitu aliran air yang seperti sungai mungkin (?). di tanggul situ kita bermain apa saja, seperti menguji nyali yah, bermain di tempat berbahaya seperti itu, namun di situlah kesenangan kami dapatkan.

Lapangan Volly
tempatnya samping"an dengan sawah, ga nyangka ya di dalam komplek masih ada sawah? haha mungkin cuman komplek gue ini yang ada sawah di tengah-tengah rumah. Disana, tempatnya bermain di malam hari, atau tempat berkumpul kalau bulan puasa tiba.

Pepohonan di Kampung
Komplek perumahan gue ini strategis, dekat dengan kampung, ada sawah, dekat ke jalan tol, dsb. Nah, karena di kampung banyak pohon buah, tak jarang kita sering bertandang kesana demi mendapatkan beberapa petik buah untuk dinikmati bersama. :)

Rumah Teman
Disini, biasanya kita bermain tajos, kartu, monopoli serta kelereng ._. hehe. dimanapun rumahnya, siapapun pemiliknya, disitulah pernah terjadi sebuah peristiwa masa kecilku. :)

Setiap kali ku melihat tempat itu, meresapi semua kenangan di dalamnya, hanya ada satu rasa "RINDU" ya, kata itulah yang tepat mewakili semua rasa yang berkecamuk dalam hati ini. Rindu dengan suasananya, rindu dengan orang-orangnya, rindu dengan kepolosannya, serta banyak lagi rindu-rindu lainnya. :)

Ini beberapa tempat berharga masa kecilku mana tempat berharga masa kecilmu? :D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan