Ulangan OH ulangan



UAS, rasanya kalimat itu sudah tidak asing lagi di telinga para pelajar di Indonesia, tapi ada yang berbeda dengan apa yang gua rasaain dengan uas ini, kenapa? yaa karena ini pertama kalinya gua merasakan uas di jenjang SMA, dimana nilai itu yang akan membawa kita ke sebuah jurusan antara IPA dan IPS. tapi gua sebagai makhluk yang tenang dan woles, #apalaahini -__- gua mungkin terlalu woles menyikapinya, atau tuntutan sistem pendidikan yang menuntut nilai bukan ilmu? sampai" gua keteter belajarnya.

Memang sih, kalau di telaah lebih dalam lagi, ga semuanya salah sistem pendidikan,tapi coba aja bayangin, seminggu sebelum uas, kita baru dikasih kisi-kisi, dan dikasih tugas yang bejubeel banyaknya. iya sih itu baik, tapi kalau dipikir lagi, bagaimana cara seorang pelajar mengulang pelajarannya dengan hanya waktu yang sangat minim?. kadang gua suka salut sama orang yang sanggup mengulang pelajaran dengan baik dan bahkan benar haha.


Kalau gua boleh mengemukakan pendapat, gua pengen bilang sama menteri pendidikan, kalau ulangan tuh maksimal 2 mata pelajaran aja yang di ujikan dalam satu hari. gua rasa itu sangat efektif, ya walaupun waktu selesai uas nya jadi lama, tapi saat kita belajar jadi ga keteteran, dan yang terpenting ga bikin beban pikiran. dan satu lagi, aturan tuh ya seminggu sebelum ulangan di liburin, nah kasih kisi-kisinya 2minggu sebelum ulangan, jadi selama seminggu itu kita bisa belajar dengan sebaik-baiknya dan bisa menjawab soal dengan semaksimal mungkin. jadi ga ada tuh yang namanya "nyontek".

Dan terkadang gua suka bingung sama sistem pendidikan di Negri ini,  mengapa lebih menuntut Nilai dibandingkan ILMU, yang di fokuskan selalu nilai,nilai,dan nilai. apa mereka tidak tau, sebuah nilai akan terjadi karena ada ilmu dibelakangnya?. memang sih orang yang ber ilmu pasti dapat menghasilkan nilai yang maksimal, tapi hukum itu ga berlaku di zaman sekarang ini, apa sih yang ga bisa?, nilai aja sekarang bisa di beli, tapi ingat bro, yang terpenting tuh ILMU, boleh kita adu orang yang berilmu dengan yang bernilai.

*Ini hanya pendapat saya*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan