Terapi Musik




 Semua orang suka musik, baik yang hanya sebatas mendengarkan atau yang ikut aktif bernyanyi. Apalagi ternyata manfaat musik banyak sekali untuk kita. Begitu besarnya manfaat musik bagi pasien kanker membuat Cancer Treatment Centers of America membuat perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis musik yang sesuai selera pasiennya. Bahkan, sekali-kali sering digelar berbagai acara musik khusus untuk menghibur pasiennya.

Tapi ini bukan sembarang musik seperti yang biasa kita dengar sehari-hari, lho! Jika sehari-hari kita biasa mendengarkan musik sendirian dan sesuka hati, terapi musik adalah musik khusus yang digunakan oleh seorang terapis. Manfaat dari terapi musik diantaranya adalah menghilangkan depresi, engurangi risiko serangan jantung, membuat tekanan darah lebih normal,meningkatkan daya ingat dan hubungan sosial, hingga mengurangi timbulnya kanker.
Selain itu, penggunaan terapi musik bisa diterapkan secara luas pada semua orang dalam berbagai kondisi. Terapi musik bisa dilakukan untuk mengurangi rasa khawatir pasien yang menjalani berbagai operasi atau serangkaian proses berat di rumah sakit. Sebab, musik akan membantu mengurangi timbulnya rasa sakit dan memperbaiki mood pasien.

Bukan berarti musik yang kita dengar sehari-hari tidak ada maknanya, karena semua musik dapat memberi efek positif bagi kita, seperti membuat rileks, nyaman, tenang dan memperbaiki mood bagi orang yang mendengarkan.
Wah, walaupun manfaat musik itu banyak, tapi jangan terlalu fokus sama musik - apalagi pake earphone - hingga lupa dengan kondisi sekitar dan menjadi kurang simpati dengan orang lain, ya..
Written by: Cerebrovit X-Cel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Tipografi

Cara Menghilangkan Tampilan "Welcome to Nginx"

Foto Buku Tahunan