here is the story of my life, survive reading, hopefully useful :)

Fauziah Azahra

Hallo☺ sebelumnya Seperti kata pepatah bilang "tak kenal maka tak sayang" nah kenalkan saya fauziah azahra pemilik blog ini.Salam kenal dan selamat membaca :)...Read More

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar
Bahasa Indonesia adalah varian bahasa Melayu, sebuah bahasa Austronesia yang digunakan sebagai lingua franca di Nusantara kemungkinan sejak abad-abad awal penanggalan modern. Pada awal abad ke-20 perpecahan dalam bentuk baku tulisan bahasa Melayu mulai terlihat. Di tahun 1901, Indonesia (sebagai Hindia-Belanda) mengadopsi ejaan Van Ophuijsen dan pada tahun 1904 Persekutuan Tanah Melayu (kelak menjadi bagian dari Malaysia) di bawah Inggris mengadopsi ejaan Wilkinson.

Ejaan Van Ophuysen diawali dari penyusunan Kitab Logat Melayu (dimulai tahun 1896) van Ophuijsen, dibantu oleh Nawawi Soetan Ma’moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim. Dan Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai “bahasa persatuan bangsa” pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.
Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa kedua bagi penduduk Ho Chi Minh City, Vietnam. Di Australia, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa populer keempat.

Bahasa Indonesia telah mendunia di dunia maya, buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki  peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa 3 yang paling banyak digunakan dalam posting postingan di wordpress.
Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi pada rapat pleno Kongres IX Bahasa Indonesia.

Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia.
Dengan berbagai fakta tersebut, harusnya kita merasa bangga ketika menggunakan bahasa kita sendiri. Jangan lebih bangga jika kita menggunakan bahasa lain atau bahasa Indonesia dengan logat yang justru dibule-bule-kan.

Diolah dari berbagai sumber
Written by: Cerebrovit X-Cel.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

-Berkomentarlah setelah anda membaca artikel-
Jika Artikel Ini Bermanfaat, silahkan anda copy, dan jangan lupa untuk menambahkan link artikel ini di buat. Terimakasih. :)